Fitur Statistik Blogger Sangat Bermanfaat

Setiap kali masuk ke dashboard saya biasanya melihat statistik blog saya. Disana sudah disediakan berbagai macam rincian yang menunjukkan bagaimana perkembangan blog saya dari ikhtisar, post, sumber lalu lintas, dan pemirsa. Yang paling menjadi perhatian saya diantara semua itu adalah sumber lalu lintas karena ini menjadi petunjuk bagi saya untuk mengetahui darimana pengunjung blog saya ini berasal. Walaupun memang sih pengunjung blog saya ini belum banyak, maklum karena saya sendiri kurang memberi perhatian pada blog ini.

Pada Sumber lalu lintas ini ada tiga bagian, yaitu :
  1. URL Perujuk
  2. Situs Perujuk, dan
  3. Telusuri Kata Kunci
Saya memang tidak begitu paham dengan url perujuk dan situs perujuk, tapi ketika saya perhatikan yang ada disana ternyata isinya adalah halaman pencari dan alamat-alamat blog yang kemungkinan mengantarkan pengunjungnya ke blog saya. Jadi kemungkinan adalah pengunjung itu orang-orang yang mengunjungi blog disana kemudian melihat link blog saya dan akhirnya berkunjung ke blog saya. Bisa jadi ini didapatkan ketika saya meninggalkan link pada saat berkomentar pada blog-blog tersebut. Terima kasih kepada blog yang sudah menaruh link blog saya di blognya.

Yang paling membuat saya tertarik adalah yang Telusuri kata kunci. Disini saya menemukan beberapa kata kunci yang kemungkinan besar adalah kata kunci yang diketikkan orang-orang di halaman pencari semisal google. Saya sendiri mempraktekkan salah satunya, ini yang paling sering muncul yaitu mengenali diri sendiri, cara mengenali diri, pentingnya mengenali diri sendiri, dan sejenisnya. Nah.. setelah saya ketikkan kata-kata kunci tersebut di google memang tulisan saya yang berjudul Pentingnya Mengenali Diri Sendiri berada pada halaman pertama google dan tulisan ini menduduki peringkat tertinggi diatara tulisan-tulisan saya yang lain.

Hhmm.... semoga tulisan saya kali bisa memberikan manfaat dan memacu saya sendiri untuk terus belajar dan meningkatkan diri dalam dunia blog.

Postingan terkait:

14 Tanggapan untuk "Fitur Statistik Blogger Sangat Bermanfaat"

  1. Wuiih... hebat euy :)
    selamat ya dapet peringkat mas.

    kalo nay jarang liat di google ada peringkat ape kagak, nyang penting ngeBLOG :D

    BalasHapus
  2. @Si Belo

    jiah... saya juga ngasal kok ngeblog ha ha

    maksudnya peringkat itu kan cuman peringkat di blog saya sendiri mpok.. hhmmm

    kalo dibandingin ame blognya orang ya kalah jauh

    BalasHapus
  3. hal pertama yang saya lakukan ketika membuka blog juga melihat lalu lintasnya hehehehe . . . tapi gak sampe utek2 url atau yang lainnya . . . .

    BalasHapus
  4. saya jarang memperhatikan hal ini :)

    BalasHapus
  5. Iya .. ini meningkatkan semangat ngeblog :)

    BalasHapus
  6. Iya .. ini meningkatkan semangat ngeblog :)

    BalasHapus
  7. Benar sekali Sobat, sangat bermanfaat untuk Meng-Optimasi Blog kita.

    Salam

    BalasHapus
  8. Wah hebat banget mas, saya pengen banget bisa jadi top list, tp buat apa juga ya? isinya hampir semua tentang opini, hehe

    event ngeblog: menulis di blog dapet android, ikutan yuk!

    BalasHapus
  9. Wah, ternyata ada url blog saya yg jadi perujuknya ya, Mas. Alhamdulillah, saya ikut senang, mas. Semoga brmnfaat dan smkin menjadikan ukhuwah kita terjalin erat.

    BalasHapus
  10. wah hebat nih... tulisannya sudah bisa di halaman pertama... semoga tambah semangat ya nulisnya...

    BalasHapus
  11. sejak blogspot punya format baru, sy juga suka memperhatikan.. Walopun gak semuanya sy ngerti sih :)

    BalasHapus
  12. aku jarang lihat statistik blog, biar ga stress :D

    BalasHapus
  13. katanya seh isi aja terus kontens apa saja di blog/..
    salam.

    BalasHapus
  14. trimakasih untuk saranya salam kenal

    BalasHapus