Ramadhan di Jogja

Ramadhan di Jogja memberikan kesan tersendiri bagi saya. Ramadhan kali ini saya sudah tidak lagi menempuh teori pada kuliah di kampus ini. Tapi ternyata saya termasuk salah satu mahasiswa yang malas untuk mengerjakan tugas akhir atau skripsi. Entah, sudah hampir setahun yang lalu proposal penelitian saya di acc, tapi sampai sekarang belum juga tersentuh untuk melakukan proses penelitian apalagi laporan hasilnya. Benar-benar terpuruk itu proposal.

Asrama juga sudah sepi, mahasiswa yang tinggal di asrama sudah mendapat jatah untuk pindah ke kost dan akan digantikan oleh mahasiswa baru. Kampus sepi, mahasiswa sudah pulang ke kampung halaman masing-masing menikmati Ramadhan bersama keluarga. Saya, ya saya tetap tinggal di Jogja karena sedang magang di kampus, tepatnya di Penerimaan Mahasiswa Baru UMY. Ternyata banyak sekali yang ingin menjadi dokter, ini terbukti dengan banyaknya minat pendaftar pada Prodi Pendidikan Dokter. 

Oh iya.. Selama Ramadhan ini saya ikut salah seorang adik kelas saya yang sedang bertugas menjadi Muballigh Hijrah (MH). MH ini diadakan oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Yogyakarta. Lokasinya di sekitar Jogja, bahkan ada yang ditugaskan di Cilacap. Tugas MH adalah ikut mendampingi kegiatan di masjid selama Ramadhan, seperti mengajar TPA, ikut tadarrus, mengisi kultum jika jadwalnya kosong, dll. Tapi saya cuma sekedar ikut saja. he he

Oh iya.. Ramadhan di Jogja itu asyik, rata-rata masjid di Jogja menyediakan takjil/makanan untuk berbuka puasa. Jadi jika teman-teman datang ke Jogja waktu Ramadhan, nanti silahkan datang saja ke masjid mana saja Insya Allah bisa berbuka puasa dengan gratis. Ini karena di kampung saya tidak ada, bagaimana di kota anda?

Postingan terkait:

19 Tanggapan untuk "Ramadhan di Jogja"

  1. ayooo..kumpulkan lg semangat utk skripsinya mas. biar cpt kelar.
    klo d jambi hmpr semua masjid menyediakan takjil gratis..jd jgn sungkan klo kita belum berbuka..pihak masjid akan sukarela menyediakannya.
    itulah indahnya Ramadhan `^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hhmm... itu dia bu... makasih motivasinya bu

      Hapus
  2. Di rumah saya juga saya sediakan menu buka puasa gratis lho, Mas. Tentunya bagi siapa yg bertamu pas waktu maghrib /waktu buka puasa. hehe...
    Semangat, Mas, (eh...khusus Ramadan ini bukan mas lg, tp ust MH.hhe) moga skripsnya cepat kelar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. rumahe panjenengan pundi pak, nanti aku tak kesana

      Hapus
  3. jadi pingin ramadhanan di jogja...

    met puasa salam kenal

    ditunggu follwonya ..

    BalasHapus
  4. wah di yogya kangen banget sama kota itu... dulu sma di sana...

    Ayo mas, selesaikan kuliahnya cepetan buat skripsinya biar lega..... kalau serius cepat selesai.. jangan di tunda tunda sayang waktunya... hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. sayang dengan uangnya juga pak :(

      Hapus
  5. Ahh..aku kangen sama Yogya lagi ..
    Ikut menyemangati..
    Ayo..ayo..cepet bikin skripsi..

    #Di tempatku juga sama Tiap mesjid pasti ada Takjil nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo kesini aja Bu.. liburan puasa di Jogja juga asyik lho

      Hapus
  6. Jogja yaa?? tempat yang pingin banget dari dulu kesana, pertama dan terkakhir kesana tuh smp kelas satu, lamaaaaaaaaa banget :D

    BalasHapus
  7. ayo semangat.. jgn biarkan itu proposal terpuruk :)

    BalasHapus
  8. Jogja ... ??? kapan aku bisa main ke sana ... ??? jadi ngiri dech :(

    BalasHapus
  9. semoga semua orang yang hanya bisa bermimpi tentang jogja suatu saat bisa dateng beneran ke jogja , minimal bisa lewat aja, dijogja kami menunggu anda semua, walau tak banyak yang bisa kami beri untuk anda, sugeng rawuh dhumateng yogya

    BalasHapus
  10. ho oh deh bro/sis, kangen ama jogja, terakhir lima tahun lalu kesana, kangen poll, selalu rindu dendam kalo inget jogja, kapan ya bisa kesana lagi

    BalasHapus
  11. ha..?
    ramadhan di jogja..?

    hmm, jangan tanya dah..
    tahun lalu saya full lebaran di kos (di pogung-red, utara teknik UGM)
    dan saya benar - benar rasakan titik dimana perkampungan tersebut mati total.. tidak ada aktifitas dari mahasiswa, semuanya pulang..

    *sedang saya sendiri tidak..

    BalasHapus
  12. semoga skripsinya cepat selesai ya, semangat terus

    BalasHapus
  13. hayooo kawan semangat ramadhan semoga menginspirasi juga tuk semangat ngerjain TA nya,, semoga lekas kelar n menjadi sarjana aamiin,,

    oh ya,, klo di palembang masing2 masjid juga menyediakan takjil, minimal air teh,, hehe

    BalasHapus
  14. di makassar tak kalah asyiknya, cobalah bertandang kesini

    BalasHapus