Dibohongi akun Fanpage Facebook Palsu

Banyak sekali bermunculan akun fanpage yang memalsukan pabrikan-pabrikan besar seperti pabrikan otomotif dan mungkin bisa juga yang lain. Dengan memberikan harapan menggiurkan akan mendapatkan hadiah, banyak sekali pengguna facebook yang mau dan rela mengikuti aturan penipu ini. 

Awal-awal saya tahu fanpage penipuan ini saat ada pelincuran mobil LCGC Toyota Ayla. Muncul fanpage yang mengatasnakan Toyota dan akan membagikan mobil gratis hanya dengan klik like, komentar warna yang diinginkan, kemudian share. Kelanjutannya tidak pernah ada pembagian hadiah karena nama fanpage sudah berganti.

Tidak berhenti sampai disitu, ternyata setiap ada produk baru bisa hampir dipastikan muncul penipu seperti ini lagi. Tapi lucunya, pengguna facebook masih saja mau ditipu. 
Seperti akun palsu Kawasaki Motor ini, bayangkan untuk motor ZX 10R yang harganya bisa buat beli sapi berapa itu ya, mau dibagikan gratis kepada 17 orang untuk memperingati Kemerdekaan Indonesia. Tapi tetap saja masih saja banyak yang share dan berharap dapat motor impiannya. 
Ini lebih cerdas lagi cara bohongnya, bayangkan kita disuruh tag lima orang teman kita. Kalau ada yang komen 100 orang saja berarti akan mendapatkan 500 tag. Jiaaan... Gregetake... 

Wahai para pengguna facebook di nusantara. Mari kita amati sekali lagi sebelum bertindak seperti ini. Masak iya, dibohongi seperti ini berulang-ulang kok tidak kapok. 

Bolehlah kita punya harapan, tapi tetap harus cerdas. 

Postingan terkait:

3 Tanggapan untuk "Dibohongi akun Fanpage Facebook Palsu"

  1. Ih nyebelin yah kalo ada yang pake akun palsu begitu.
    saya pernah dapati juga, minta sumbangan, bikin kloningan akun panti asuhan lagi. Kurang ajar benar ....

    BalasHapus
  2. Jaman sekarang. orang baik sibuk di tempat ibadah. Orang jahat sibuk di dunia maya. Nah, itulah kenapa dunia maya lebih banyak orang jahatnya daripada orang baik. Benar kata seseorang ulama, internet dikuasai orang tidak bener.

    BalasHapus
  3. yg kyk gini memang banyak bgt dan jelas merugikan orang lain.Facebook menjadi tempat paling sering utk melakukan penipuan online,jadi harus hati-hati klo bertransaksi/membeli barang dan jasa di FB.

    kunjungi balik ya :)
    media2give.com

    BalasHapus