Pentingnya Meminimalisir Pertemanan di Facebook

Ada sekitar 800 teman di facebook saya yang saya pikir tidak ada seratus yang benar-benar aktif berfacebook. Atau memang benar apa yang dikatakan teman saya bahwa tidak semua pembaruan dari teman-teman di facebook saya itu masuk di dinding saya. Seperti update status dari mereka misalnya, sepertinya setiap hari yang update status yang masuk ke dinding saya ya orang-orang itu saja, mungkin tidak lebih dari 100 orang. Hal inilah yang akhirnya membuat saya berpikir ulang untuk meminimalisir pertemanan di facebook. Daripada memiliki teman 800 tapi tidak jelas, lebih baik saya kurangi jumlahnya dan saya pilih siapa yang seharusnya berteman dengan saya.

Pernah suatu kali saya mengajak chatting salah seorang teman di facebook, dengan enaknya dia bertanya "Ini siapa?". Rasanya JLEB banget dah, akhirnya saya putuskan saja untuk remove dia dari pertemanan saya, ekstrim memang sepertinya, tapi hal ini menurut saya lebih baik karena pendapat saya teman-teman di facebook seharusnya adalah orang-orang yang jelas kenal dengan siapa saya. Pernah suatu kali karena tidak enak meremove orang, saya memutuskan untuk membuat akun facebook baru dan saya khususkan hanya untuk orang yang saya temui di dunia nyata. Tapi hal ini ternyata tidak efektif karena saya harus mengurus dua akun sekaligus, akhirnya akun baru itu saya hapus lagi saja.

Solusi akhirnya adalah teman-teman saya yang tidak saya kenal saya remove ketika setiap hari di facebook ada pemberitahuan siapa yang ulang tahun. Dari sanalah saya melihat satu-persatu yang ulang tahun apakah saya kenal atau tidak. Jika saya kenal saya berikan ucapan selamat, dan bagi yang saya tidak kenal akhirnya terpaksa saya remove dari pertemanan saya. Bukannya saya bermaksud sombong, tapi hal ini saya rasa lebih baik. Jika orang-orang yang saya remove itu masih ingin mendapatkan pembaruan dari saya, status misalnya, mereka masih bisa berlangganan dengan saya, atau bisa like halaman facebook atau facebook fanpage saya.

Oh ya, masih ada lagi, jika setiap hari misal ada yang nge add saya menjadi temannya, itu juga saya seleksi. Jika misal saya tidak mengenalnya sama sekali langsung saya pilih Lain kali. Karena menurut saya meminimalisir pertemanan di facebook itu penting agar kualitas pertemanan di facebook itu jelas. Bagaimana dengan anda?

Postingan terkait:

20 Tanggapan untuk "Pentingnya Meminimalisir Pertemanan di Facebook"

  1. saya juga skr hati2 untuk menerima pertemanan di FB

    BalasHapus
  2. Aku juga banyak nggak kenal teman2 di FB hanya tahu satu kampus atau satu sekolah dulu tapi benar2 nggak pernah jumpa... jadi kepikiran buat akun khusus buat teman2 yang benar2 kenal :)

    BalasHapus
  3. @Haya Nufus Kalau menurut aku sih g perlu buat akun baru lagi ha ha :D

    BalasHapus
  4. saya suka dengan gambar bunga di foto sampul ^___^V
    semakin banyak hubungan pertemanan, semakin luas juga untuk berbagi kebaikan..

    BalasHapus
  5. aku dulu sering remove temen di FB, sekali remove bisa 50 :D maunya sih FB itu untuk teman yang sudah kenal dan menjalin kembali silaturahim, bukan cuma jadi teman koleksi :)

    BalasHapus
  6. kalo dipikir-pikir enakan gitu, untuk skarang belum hobi remove, paling kalo ada temen trus status ato foto"nya aneh.. langsung dibuang deh ^^

    BalasHapus
  7. kunjungan gan .,.
    bagi" motivasi
    keberuntungan selalu menghampri kita
    hanya saja kita yg trkdng tdk brfkir demikian.,.
    si tunggu kunjungan baliknya gan.,

    BalasHapus
  8. Kalo saya sih siapa yang add saya..saya liat dulu profil-nya. Jika banyak teman yang sama (entah organisasi, alumni, temen SMA dulu, dll)lgsung saya add.. mungkin saya yg lupa atau emang dia mau berkenalan dengan saya.. selama dia membuat stastus yg baik-baik dalam FB saya tidak akan remove. Dulu pernah ada teman di FB yg sering buat status yg kotor, lebay, cari perhatian lagsung saya remove..ini kalo versi saya ^^

    BalasHapus
  9. saya juga temannya gak nambah nambah, iri juga lihat yang temannya sampai ribuan. tapi banyak teman di fb tanpa benar2 kenal ternyata jadi beban juga, apalagi ketika ketemu orangnya ternyata dia tidak merespon hangat pertemuan kita, saya seperti dianggap pengemis yang sedang meminta.

    BalasHapus
  10. temen fbku lumayan dikit. Selain aku jaraaaang banget eksis di FB, aku juga udah mulai bosen dengan FB, kebanyakan status alay, jadi rada eneg juga. Kalau ngeremove temen FB, paling yang reseh aja aku remove :D, jadi hati-hati itu perlu. Stuju :)

    BalasHapus
  11. Gitu yah,,, jadi "pertemanan" di FB belum tentu bener2 teman ya, Mas...

    Belum punya FB lagi nih,,, yang lama udah lupa tuh imel dan passwordnya.

    BalasHapus
  12. setuju sama mas huda :) saya punya 1000-an tman tp jujur mungkin hanya 25% yang sy kenal-_-

    BalasHapus
  13. Benar Sob, itu merupakan usaha yang bagus untuk kepentingan kita juga.

    Sukse selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    BalasHapus
  14. itu sama banget dengan apa yang gue lakukan selama ini . . . .

    BalasHapus
  15. setuju setuju,... ^^
    demi kebaikan temen" fb kita lainnya juga.. ^^

    BalasHapus
  16. Bener juga sih emang kita harus pilah pilah teman di facebook jangan maen asal terima add. tapi menurut saya fitur mutual friend di fb itu bagus banget. klo saya pribadi nerima add orang tak dikenal itu justru dari yg mutual friend nya banyak misal dibawah 10 biasanya lama saya app nya. :D

    BalasHapus
  17. Setuju mas bro, hal yang sama jadi pertanyaan saya.. Teman FB sekitar 700an tapi yang muncul di home kok "itu-itu" aja yaa?! hehe...

    BalasHapus
  18. walau sedikit tapi knal semua nggk masalah klo saya

    BalasHapus
  19. Saya setuju dengan pendapat Mas Huda, tpi dri fb kita punya teman baru yg menyenangkn,,

    BalasHapus
  20. Yap, benar sekali, juga meminimalisir ke pergaulan yang tidak sehat. Kunjugi blog saya ya !
    ilmumum.blogspot.com

    BalasHapus