Warna dosa

Waktu kecil dulu mungkin kita semua pernah bertanya kepada orang tua atau guru kita dosa itu seperti apa dan warnanya apa. Nah, pada postingan kali ini saya akan memberikan materi dari kajian Hari Rabu yang diadakan oleh ta'mir Masjid Kampus KH. Ahmad Dahlan UMY. Ini sebenarnya sudah seminggu yang lalu, tapi tidak masalah biar ilmunya bisa bermanfaat untuk yang lain. Pada kajian tersebut dijelaskan dari hadits Arba'in An Nawawi yang ke-27. yang terjemahnya adalah sebagai berikut:
Dari Nawwas bin Sam'an radhiallahuanhu, dari Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam beliau bersabda : "Kebajikan adalah akhlak yang baik/terpuji, dan dosa adalah apa yang terasa mengganggu jiwamu dan engkau tidak suka jika hal itu diketahui orang lain" (HR. Muslim)
Dan dari Wabishah bin Ma'bad radhiallahuanhu dia berkata: Saya mendatangi RasulullahShallallahu 'alaihi wasallam, lalu beliau bersabda: Engkau datang untuk menanyakan kebajikan? Saya menjawab: Ya. Beliau bersabda: Mintalah pendapat dari hatimu, kebajikan adalah apa yang jiwa dan hati tenang karenanya, dan dosa adalah apa yang terasa mengganggu  jiwa dan menimbulkan keragu-raguan dalam dada, meskipun orang-orang memberi fatwa kepadamu dan mereka membenarkannya. (Hadits hasan kami riwayatkan dari dua musnad Imam Ahmad bin Hanbal dan Ad Darimi dengan sanad yang hasan)
Pelajaran yang terdapat dalam hadits diatas antara lain:
  1. Tanda perbuatan dosa adalah timbulnya keragu-raguan dan keresahan dalam jiwa dan tidak suka jika hal itu diketahui orang lain
  2. Siapa yang ingin melakukan suatu perbuatan maka hendaklah dia menanyakan hal tersebut pada dirinya
  3. Anjuran untuk berakhlaqul karimah karena termasuk unsur kebajikan yang sangat besar
  4. Hati seorang mukmin akan tenang dengan perbuatan yang halal/kebajikan dan resah gelisah dengan perbuatan haram/dosa.
Jadi, ketika kita melakukan perbuatan dosa sebenarnya kita itu tahu bahwa hal itu adalah dosa. Maka dari itu mari segera kita tinggalkan dan menuju perbuatan yang baik dan benar agar hati kita menjadi tenang dan tentram.

Postingan terkait:

9 Tanggapan untuk "Warna dosa"

  1. terima kasih pencerahannya Pak ustadz

    BalasHapus
  2. Insya Allah,,,mks sdh mengingatkan .

    BalasHapus
  3. lakukan semuanya dengan hati, makasih

    BalasHapus
  4. Ketika kita tahu perbuatan dosa itu mengakibatkan dosa.
    tapi entah kenapa setan menutup mata hati kita tentang dosa yang akan kita dapat.
    astaghfirullah .

    Jangan lupa followbalik blog saya ya.

    BalasHapus