Sholat Tercepat di Dunia

Beberapa hari yang lalu saya membaca Koran Kedaulatan Rakyat. Koran ini adalah koran lokal untuk daerah Istimewa Yogyakarta, seperti biasa saya hanya membaca sekilas dan mencari berita pada daerah saya yitu Kabupaten Purwodadi. Tidak ada berita yang spesial ya sudahlah. Eits, sebelum membolak-balik halaman koran itu tentu saja saya membaca bagian Sungguh-sungguh Terjadi yang ada di halaman depan koran tersebut. letaknya di kanan bawah. Rubrik ini merupakan kisah-kisah yang sungguh-sungguh terjadi yang dikirim oleh pembaca.

Pada hari itu ada yang mengirimkan sebuah cerita yang menurut saya sangat menarik. Dikisahkan ada seorang anak kelas 5 SD yang tidak mengikuti sholat taraweh di masjid. Nah ketika dirumah akhirnya disuruh oleh ibunya untuk sholat taraweh sendiri. Ternyata anak ini menyelesaikan sholat tarweh 11 rakaat itu dalam waktu 5 menit. Wow.. bagaimana ya caranya anak ini melakukannya sampai-sampai diledek oleh budhenya. "besok lagi kalau sholate ngebut jangan lupa pake helm ya". Yang mengirimkan cerita juga memberikan tambahan, bisa itu diajukan ke Museum Rekor MURI untuk sholat tercepat. ha ha :D

Untuk sholat yang cepat, saya sendiri pernah mengalaminya kalau pulang kampung. Kalau biasanya di Jogja sholatnya bisa lebih santai, beda ketika saya harus menjadi makmum ketika pulang kampung. Pernah suatu hari ketika saya ingin sholat, sudah ada seorang laki-laki yang sholat. Akhirnya saya memutuskan untuk menjadi makmum bersama orang tersebut. Beuh... rasanya beda banget, gerakan ruku' sujud ngebut gitu.. bacaan yang biasanya saya baca dengan santai tidak bisa mengejar gerakan sholatnya. Tapi saya sudah membuat keputusan untuk mengikuti imam, ya bagaimana lagi?

Kalau menurut saya sih khusyu' dalam sholat salah satunya adalah tuma'ninah dalam sholat. Tuma'ninah menurut saya ya tidak tergesa-gesa dan menyempurnakan gerakan sholatnya. Nah.. kalau gerakan sholatnya cepat sampai-sampai 11 rakaat saja bisa dikerjakan dalam waktu 5 menit, saya tidak bisa membayangkan bagaimana gerakannya itu.

Postingan terkait:

9 Tanggapan untuk "Sholat Tercepat di Dunia"

  1. Sholatnya ngebut...
    Wah ada-ada saja

    BalasHapus
  2. kasian makmun yang udah berumur... sakit lutut

    BalasHapus
  3. anak2 tuh suka begitu sholatnya hehehe

    BalasHapus
  4. iya sholat kok ngebut.... kalau anak anak sih maklum ya... orang dewasa harus lebih khusyu kali ya

    BalasHapus
  5. Haha... ngebut benjut, loh Mas :D

    BalasHapus
  6. sama mas... d kampungku pun shalatny super cepat... da pernah si kami (anak muda2 yg udah pernah merantau dikota) protes (tp sopan protesny) tuk tidak secepat itu.. tp ya gitu, tetap cepat...

    BalasHapus
  7. kalo yg shalat tarawih 21 rakaat, cepatnya kayak yg shalat tarawih 11 rakaat, udh prnah nemuin blum...?? hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. dulu sekali pernah ikut waktu diajak pakdheku ke suatu daerah di Jawa Tengah.....

      Hapus