Saya itu Minder

Tinggal di desa dan hidup dalam keadaan miskin sudah cukup mendidik saya menjadi orang yang sangat minder. Baik itu minder dikampung saya sendiri, di sekolahan, atau dimana saja. Seolah-olah saya itu hanya manusia yang tidak pantas untuk bergaul dengan orang lain. Dulu waktu masih MTs, saya pernah sangat minder tepatnya malu, sepertinya bukan malu tapi gengsi karena harus berangkat ke sekolah dengan berjalan kaki. Jarak antara rumah ke sekolah sekitar 3 KM, kadang saya terpaksa numpang orang yang sedang lewat di jalan yang sama untuk ke sekolah. Akibatnya hampir tiap hari saya telambat masuk ke sekolah.

Entah mengapa sepertinya dulu itu saya sangat minder sekali, kepercayaan diri saya seperti tidak ada sama sekali. Padahal pernah sekali waktu saya mencoba mengaktualisasikan diri saya waktu pelajaran Bahasa Indonesia dengan memenuhi tugas dari guru untuk membaca puisi. Semua teman di kelas merasa heran ternyata saya bisa membaca puisi. Bahkan sempat Bapak guru tersebut memuji saya, tapi hal ini juga belum bisa menumbuhkan kepercayaan diri saya. Sepertinya ada yang salah dengan bagaimana orang tua saya mendidik, tapi sepertinya saya juga salah jika menyalahkan orang tua saya.

Ingin sekali rasanya ketika saya mendengar pengumuman bahwa saya termasuk dalam peringkat tiga besar waktu kelulusan SMA yang naik ke panggung adalah Bapak saya. Tapi apa boleh buat, sejak SD pun, bapak saya tidak pernah mau mengambilkan rapor saya, padahal walaupun tidak pandai-pandai amat, Alhamdulillah kalau tidak salah ingat saya belum pernah keluar dari sepuluh besar di kelas. Alasannya karena Bapak saya malu karena belum bisa membayar SPP untuk saya. Ya Bapak saya mungkin takut kalau di sekolah nanti malah ditagih seperti ketika saya dulu merengek untuk minta uang SPP.

Tapi ternyata anggapan saya terhadap keminderan saya itu salah. Bukan karena saya berasal dari desa dan miskin yang membuat saya minder, tapi sikap saya yang tidak pernah mau terbuka itulah yang telah menghilangkan kepercayaan diri dalam diri saya. Apakah dengan menyadari itu akan membuat kepercayaan diri saya kemudian tumbuh dengan baik? tidak. Sampai sekarang pun saya masih saja merasa minder, saya masih merasa bahwa saya tidak bisa apa-apa. Padahal seringkali saya mendapat motivasi, bahkan berusaha memotivasi diri saya sendiri untuk percaya diri.

NB : Mohon maaf ini ternyata curhat, tapi walaupun curhat saya tidak pernah merasa ingin minta dibelaskasihani.

Postingan terkait:

6 Tanggapan untuk "Saya itu Minder"

  1. Jangan minder Mas, lah wong kalau baca postingannya sampean iki apik kok,,ngapain minder,,

    BalasHapus
  2. disetiap kekurangan seseorang baisanya terpendam kelebihan ... dulu juga saya begitu mas yang penting PD aja

    salam

    BalasHapus
  3. padahal tinggal dimanapun sama aja. desa dan kota. sama.jadi tak usahlah minder.

    BalasHapus
  4. Haha,,,
    Minder terus aja Mas Bro,,, biar tambah tenggelam di dunia persilatan ini :p

    Harusnya sampeyan bersyukur loh, bisa jadi anak kuliahan, lah saya?... ah lupakan.

    Tunjukkan pada leluhur, dari kita akan lahir generasi unggul...

    BalasHapus
  5. minder boleh aja karena akan menjadi pengingat siapa kita. tapi jangan berkutat di rasa minder itu ya :D

    BalasHapus
  6. Jujur lhoo.. aye juga orangnye minderan :D kaga pinter gaul,makanya sering ngedekem dalem kamar..hehehe

    BalasHapus